Bunga Bouquet

Bunga Mawar dari Toko Bunga Jakarta Barat

Mudahnya Menanam Bunga Mawar di Pekarangan Rumah

Bunga mawar atau rose merupakan jenis tanaman yang berasal dari jenis Rosa. Bunga mawar terdiri dari sekitar 100 spesies yang banyak tumbuh di daerah tropis atau sejuk. Biasanya bunga ini memiliki duri dan tumbuh tinggi. Tinggi tanaman bunga ini bahkan bisa mencapai dua sampai lima meter. Fungsi duri dari bunga ini adalah sebagai pegangan saat tanaman merambat pada tumbuhan lain. Beberapa spesies mawar memiliki duri yang tajam dan lurus seperti jarum. Sebenarnya, mawar bukan tanaman tropis. Bunga ini berasal dari Cina Eropa Timur, dan Timur Tengah. Tetapi dalam perkembangannya, tanaman bunga ini menyebar ke daerah beriklim sub tropis dan tropis. Tanaman mawar ternyata bisa terjangkit beberapa penyakit misalnya penyakit karat daun. Penyakit ini dapat membuat daun tanaman menjadi rontok.

Jenis – Jenis Bunga Mawar
Jika dilihat dari sifat pertumbuhan dan bentuknya, bunga mawar dapat dikategorikan menjadi 4 kelompok yaitu mawar semak, mawar pohon, mawar kerdil, dan mawar liana. Mawar semak atau shrup rose biasa ditanam untuk pagar sedangkan mawar kerdil atau baby rose biasa ditanam dalam pot. Sementara itu jenis mawar liana tumbuh merambat. Jadi mawar ini bisa digunakan sebagai tanaman hias, taman atau kebun.

Tips Menanam Bunga Mawar
Bunga mawar memang merupakan salah satu jenis tanaman hias yang paling banyak diminati karena kemudahan perawatannya dan tanaman ini juga mudah berbunga. Sebenarnya, tidak ada perawatan khusus dalam menanam bunga ini. Anda hanya memerlukan tanah berhumus sebagai media tanam dan juga drainase yang baik sehingga tanaman ini tidak akan kekurangan rajin. Ketika hendak menanam mawar, pilihlah lokasi tanam yang mendapatkan cukup cahaya matahari. Selain itu, jangan menggunakan media tanam yang berpasir atau terlalu gembur. Hal ini dilakukan agar bunga mawar kerap berbunga dan tumbuh subur. Tanaman ini bisa diperbanyak dengan cara cangkok, okulasi, dan setek. Agar tanaman cepat berbunga anda dapat memupuknya dengan perangsang bunga. Selain itu, tanaman bunga mawar juga sebaiknya dipangkas secara berkala agar tumbuh tunas baru.