Bunga Bouquet

Bunga Bouquet Sebagai Tradisi Di Hari Pernikahan

Bunga Bouquet Sebagai Tradisi Di Hari Pernikahan

Bunga bisa dijadikan hadiah yang paling berkesan dalam setiap acara pernikahan, selain dapat digunakan sebagai hiasan ataupun sebagai penyedap ruangan bunga juga bisa memberikan makna cinta dan kasih sayang.

Salah satunya bunga hand bouquet atau bunga tangan, bunga yang satu ini sering digunakan dihari pernikahan yang digenggam oleh pengantin wanita sehingga akan memperlihatkan keanggunan pengantin wanita tersebut. Bunga yang digunakan biasanya bunga yang memiliki keindahan dalam segi warna seperti mawar putih, bunga melati, dan bunga lily.

Dalam kebudayaan eropa, karangan bunga bouquet yang dipegang oleh sipengantin wanita akan dilemparkan  kebelakang setelah acara pernikahan selesai, mereka memiliki kepercayaan jika orang yang mendapatkan bunga buket yang dilempar tersebut akan mendapatkan jodoh dan akan menikah dalam jangka waktu dekat.

Berbeda dengan budaya di Indonesia, jarang sekali dalam acara pernikahan bunga bouquet digunakan dalam acara pernikahan, akan tetapi di Indonesia sering menggunakan roncean bunga melati yang menghiasi kepala dan baju pengantin serta tempat pengantin, karena roncean bunga melati adalah kebudayaan bangsa Indonesia yang sudah menjadi tradisi sejak dahulu.

Selain digunakan dalam acara pernikahan bunga bouquet juga sering digunakan untuk acara duka cita, bunga buket yang sudah dirangkai akan diletakkan di makam orang yang telah meninggal dunia.

Di Indonesia agak sedikit berbeda jika dibandingkan dengan orang eropa. Di Indonesia tradisi meletakkan bunga dipemakaman bisa dibilang jarang orang yang melakukannya, akan tetapi sudah menjadi tradisi dengan cara menaburkan bunga tujuh rupa di atas makam orang yang baru meninggal.

Penaburan bunga tujuh rupa di pemakaman dimaksudkan agar makam tersebut wangi oleh bunga serta dapat dibilang sebagai tanda makam tersebut adalah orang yang baru meninggal. Walaupun tradisi orang Indonesia berbeda dengan orang eropa, namun memiliki tujuan yang sama yaitu sebagai tanda penghormatan kepada orang yang telah meninggal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.